Monday, April 18, 2011

Cara Membuat Business Plan-Sukses Berbisnis dengan Business Plan yang Matang

Setiap orang yang mendirikan usaha pasti menginginkan usahanya sukses dan terus berkembang. Salah satu aspek pendukung suksesnya suatu usaha adalah perencanaan yang matang. Dengan perencanaan yang matang, maka alur kerja dari usaha tersebut akan jelas. Perencanaan tersebut biasa disebut dengan business plan (perencanaan bisnis).
Menurut Hisrich-Peters, 1995: 113 pada buku Kewirausahaan  yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Buchari Alma, business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha. Isinya sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur, dan sumber daya manusia.
Dari penjelasan di atas, business plan menyangkut semua aspek poduksi mulai dari permodalan sampai pemasaran sehingga usaha yang akan dijalankan sudah jelas arahnya. Dengan business plan yang jelas, pengusaha akan lebih mudah mendapatkan modal karena syarat peminjaman modal dari lembaga keuangan salah satunya adalah business plan dari usaha tersebut. Format dari business plan bisa berbentuk sebagai berikut:
Format Business Plan
        I.            RINGKASAN PELAKSANAAN USAHA
Berisi tentang definisi singkat usaha yang akan dijalankan, nama usaha, pemilik usaha, jenis usaha, bergerak dalam bidang apa, pendistribusian, pemasaran, target pasar, dana yang dibuthkan, sumber modal, dll yang dianggap perlu.
      II.            DESKRIPSI/ PROFIL USAHA
a.       Visi
b.      Tujuan jangka pendek dan jangka panjang
c.       Struktur Usaha
Bentuk Perusahaan
    III.            PRODUK DAN PELAYANAN – PELAYANAN YANG DISAJIKAN
a.       Produk yang disajikan
b.      Keunggulan produk dan pelayanan yang ditawarkan
c.       Peluang pengembangan produk
d.      Keunggulan dalam pengembangan produk
Terdiri dari aspek produk, alat/ mesin, tenaga kerja.
    IV.            ANALISIS INDUSTRI
a.       Kecenderungan industry yang disenangi
b.      Lingkungan indusri yang berpengaruh
Berisi dampak dari pendirian indusri/ usaha tersebut baik dampak positif maupun negatif.
c.       Izin dan peraturan untuk membangun industry
d.      Ukuran industry yang didirikan
Apakah industri kecil, menengah, atau besar.
e.      Keunggulan dan kelemahan industry baru
      V.            ANALISIS PASAR
a.       Target atau sasaran pasar
b.      Kebutuhan pelanggan
c.       Perkiraan penjualan untuk setiap target penjualan
d.      Perkiraan perolehan pangsa pasar
    VI.            STRATEGI PEMASARAN
a.       Lokasi pemasaran
b.      Saluran distribusi dan jaringan usaha yang digunakan
c.       Saluran komunikasi pemasaran
d.      Personel yang akan melakukan penjualan
e.      Kebijaksanaan distibusi/ penyaluran
v  Prosedur pengembangan dan system penyaluran
f.        Tujuan dan sasaran promosi
 VII.            PENGELOAAN
a.       Penentuan tugas dan tanggung jawab masing – masing personel
b.      Keahlian khusus masing – masing yang diperlukan
c.       Bentuk dan struktur organisasi pengelolaan
d.      Pimpinan atau direktur pengelola
VIII.            OPERASI USAHA
a.       Pemasok utama
b.      Sistem dan prosedur operasi
c.       Tata ruang
d.      Keperluan peralatan dan biaya
e.      Keperluan persediaan bahan baku
f.        Biaya operasi yang diperlukan
    IX.            PROYEKSI KEUANGAN
a.       Jumlah modal sendiri yang dimiliki
b.      Jumlah dan jenis serta sumber keuangan
c.       Rencana penggunaan dana
d.      Rencana pendapatan dan proyeksi kas
Lampiran










0 comments:

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

About This Blog

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP